Rabu, 09 September 2020

Cara Download Data DEM Menggunakan Global Mapper

Pada artikel kali ini kita akan membahas cara download data DEM menggunakan Global Mapper. Simak baik-baik yah biar lebih cepat paham.

Pada tampilan awal Global Mapper pilih Online Sources.


Otomatis jendela Select Online Data Source to Download akan terbuka kemudian silahkan pilih Data Source. Pada kesempatan kali ini kita menggunakan data ASTER GDEM v2 World Wide Elevation. Selanjutnya Entire Data Source Bounds yang artinya kita akan mengambil seluruh data DEM permukaan bumi (kita belum memiliki batas lokasi yang telah ditentukan). Setting Detail Level untuk menentukan kualitas data DEM, setelah semuanya selesai klik Connect.


Setelah data DEM World tampil gunakan Zoom untuk memperbesar tampilan area yang akan kita download data DEMnya.


Buat batas lokasi berbentuk persegi menggunakan Tools Create Rectangle/Square Area Feature, klik satu kali pada sudut kiri atas lokasi kemudian drag hingga mencapai sudut kanan bawah lokasi lalu lepaskan drag mouse.


Secara otomatis tampil jendela Modify Feature Info, kemudian atur nama sesuai yang kalian inginkan lalu klik OK.


Oke.. Batas lokasi telah tampil pada Control Center dan pada layar utama.


Selanjutnya seleksi polygon Batas Lokasi menggunakan Digitizer Tool kemudian drag dari sudut kiri atas lokasi dan tarik hingga sudut kanan bawah lalu lepaskan drag mouse.


Setelah batas lokasi terseleksi, selanjutnya kita simpan data DEM tersebut.

Pilih menu File, klik Export lalu pilih Export Raster/Image Format...


Kemudian tentukan format data DEM, kalian bisa atur sesuai kebutuhan. Pada artikel kali ini kami menggunakan format GeoTIFF, setelah menentukan format klik OK.


Setelah jendela GeoTIFF Export Options terbuka pada bagian GeoTIFF Options atur File Type menjadi 24-bit RGB agar tampilan data DEM yang kita ekspor menjadi full colour. Kemudian atur JPEG-in-TIFF Quality menjadi 100 untuk mendapatkan hasil gambar DEM yang jernih. Jika kalian butuh file TFW dan PRJ silahkan centang opsi seperti langkah 4 yang tertera pada gambar di bawah.
Jangan klik OK karena kita akan mengatur Export Bounds.


Pada menu Export Bounds pilih Crop to Selected Area Feature (jika tetap pada pilihan All Loaded Data maka seluruh area data DEM akan ikut terekspor). Jika sudah silahkan tekan Enter.


Maka tampil jendela Save As, silahkan tentukan folder penyimpanan lalu atur nama file dan klik Save.


Silahkan cek hasil eksport pada folder penyimpanan yang telah kita tentukan tadi dan data DEM siap diolah.


Berikut adalah tampilan data DEM hasil eksport yang kita input kembali kedalam Global Mapper.


Oke.. Sekian dulu tutorial cara download data DEM menggunakan Global Mapper kali ini.

Jika ada pertanyaan dan saran silahkan ketikkan di kolom komentar atau dengan menekan tombol WhatsApp pada bagian kiri bawah blog ini.

Salam Tutorial Kita
Previous Post
Next Post

0 comments: