Jumat, 04 September 2020

Cara Menggabungkan Foto Landscape Menggunakan Photoshop Dengan Mudah dan Rapi

Sedikit berbagi pengalaman nih yah.

Dulu waktu kuliah kan kami sering ke lapangan, entah itu fieldtrip, mapping atau ambil data tugas akhir. Nah.. kebetulan waktu itu kan handphone nih masih jadul terus kamera yang kami gunakan fungsi panoramanya lagi bermasalah, sedangkan di lokasi tempat mappingnya itu buat ngambil gambar morfologi yah kalau orang awam biasa sebut foto pemandangan itu cukup sulit karena posisi kita berada di dalam lokasi jadi cukup dekat kan objek morfologinya itu jadi gak bisa sekali jepret buat dapatin full pemandangannya.

Maka saya isenglah buat ngambil foto perbagian aja, jadi waktu itu buat ngambil keseluruhan pemandangannya perlu empat kali jepretan cekrek.. cekrek.. cekrek.. cekrek.. terus hapus. hahaha.

Pas pulangnya bingung mau diapakan ini foto, mau gabung di Corel Draw susah karena kadang batas antar foto tadi gak smooth, padahal perlu bagus kan buat bahan laporan kami.

Oke.. jadi kami searchinglah cara menggabungkan gambar pemandangan dengan mudah, dan muncul artikel photomerge menggunakan Photoshop.

Di google sudah banyak juga artikel yang membahas tentang photomerge ini, tapi saya juga gak mau ketinggalan dong buat bahas lagian pula ini murni saya buat dengan gambar dan kata-kata sendiri alias non-copy paste.

Pertama setelah Photoshop terbuka langsung saja ke Menu File, arahkan ke Automate lalu pilih Photomerge...

Maka tampil jendela Photomerge.

1. Teman-teman bisa menentukan Layout sesuai dengan kebutuhan, disini ada beberapa opsi layout seperti :

- Auto yang secara otomatis akan menggabungkan foto tanpa adanya effect tampilan.

- Perspective jika kita ingin menggabungkan foto dengan sudut pandang tertentu.

- Cylindrical yaitu menggabungkan foto dengan tampilan sisi kiri dan kanan berbentuk tabung.

- Spherical menggabungkan foto dengan tampilan cekung pada bagian tengah foto.

- Collage yaitu menggabungkan foto yang berbeda objek.

- Reposition yaitu mengganti posisi foto yang telah digabungkan sebelumnya.

2. Pilih metode input, bisa gunakan File jika foto yang ingin kita gabungkan tidak berada dalam satu folder dan pilih Folder jika semua foto telah berada pada folder yang sama.

3. Kemudian disini ada beberapa opsi sebelum menggabungkan :

- Jika foto yang akan kita gabungkan merupakan foto yang bersih tanpa perlu pengaturan tambahan maka centang Blend Images Together.

- Jika foto yang akan kita gabungkan memiliki vinyet (frame hitam) pada sisi foto maka centang Vignette Removal.

- Jika foto yang akan kita gabungkan salah satunya memiliki kesalahan dalam pengambilan gambar misalnya sedikit miring atau dekat untuk mengkoreksinya silahkan centang pada Geometric Distortion Correction.

- Jika dalam foto yang akan kita gabungkan terdapat area yang transparant atau pengambilan gambar tidak sempurna maka centang Content Aware Fill Transparent Areas.

Setelah semuanya di setting lalu klik Browse. Contoh dibawah kami hanya menggunakan Layout Auto dan Blend Images Together karena foto yang kami gunakan dalam keadaan baik-baik saja. 

Kemudian cari folder lokasi teman-teman menyimpan foto, bisa langsung Select All dan klik Open.


Jendela Photomerge kembali terbuka dan sudah tampil daftar semua foto yang akan kita gabungkan, klik saja OK.


Tunggu hingga proses pembacaan gambar selesai dan semua foto akan otomatis tergabung.

Foto telah tergabung dan coba perhatikan jika pinggiran foto masih berantakan silahkan Crop secara manual menggunakan Crop Tool.

Selanjutnya sisa menyimpan foto, klik Menu File, arahkan kursor ke Export lalu pilih Export As atau bisa juga dengan shortcut Alt+Shift+Ctrl+W.

Jendela Save As telah terbuka, silahkan pilih format dan kualitas foto pada bagian File Settings. Jika telah selesai silahkan klik Export All..

Langkah terakhir pilih folder tempat kalian ingin menyimpan foto, ganti nama file sesuai keinginan lalu klik Save dan selesai.

Oke.. sekian dulu tutorial cara menggabungkan foto landscape menggunakan Photoshop dengan mudah dan rapi.

Jika ada pertanyaan dan saran silahkan ketikkan di kolom komentar atau dengan menekan tombol WhatsApp pada bagian kiri bawah blog ini.

Salam Tutorial Kita

Previous Post
Next Post

0 comments: