Kamis, 10 September 2020

Cara Mengganti Background Foto Menggunakan Photoshop

Halo.. Sobat Tutorial Kita, pada artikel kali ini kita akan membahas cara mudah mengganti background foto menggunakan Photoshop. Mungkin ini merupakan hal paling dasar dari penggunaan Photoshop sendiri, tapi alangkah baiknya kita simak baik-baik tahapannya yah terutama bagi pemula yang ingin mengasah skill editingnya.

Pertama buka filenya dulu dong, klik menu File lalu pilih Open.

Setelah jendela Open tampil, silahkan cari folder foto kalian lalu klik foto dan pilih Open.


Foto yang ingin diganti latarnya telah tampil pada layar utama, sekarang klik kanan pada Quick Selection Tool lalu pilih Magic Wand Tool (lihat gambar di bawah).


Nah.. Otomatis kursor akan berubah tampilannya menjadi simbol Magic Wand Tool, kemudian silahkan klik pada latar foto yang akan kita ubah warnanya.


Latar telah terseleksi, artinya latar putih tadi telah kita pilih.
Karena yang akan kita singkirkan adalah latarnya maka kita harus melakukan penggantian Selection sehingga yang terseleksi adalah objeknya. Klik menu Select lalu pilih Inverse (lihat gambar di bawah).


Sekarang tanda Selection berada pada objeknya saja dan tidak terdapat lagi pada pinggiran latar putih yang artinya Selection telah di Inverse.


Selanjutnya dalam keadaan objek terseleksi buat layer baru menggunakan Shortcut Ctrl+J, hasilnya seperti gambar di bawah.


Silahkan matikan background dengan mengklik tanda Visible yang ada disamping background. And tadaaa... layer putih sudah tidak terlihat.


Tugas kita sekarang adalah membuat layer baru sesuai warna yang kita inginkan. Caranya klik kanan pada Create New Fill or Adjustment Layer yang ada di pojok kanan bawah Photoshop (lihat gambar di bawah).


Lalu pilih Solid Color...


Kemudian tampil jendela Color Picker (Solid Color), lalu atur warna sesuai keinginan dengan menggeser panel-panel yang saya tunjuk di bawah. Kalian juga bisa menambahkan Code html warna pada kolom yang tersedia. Jika sudah selesai klik saja OK.


Tampilan Color Fill masih menutupi objek, yang perlu kita lakukan adalah menggeser Color Fill ke bawah objek dengan cara arahkan kursor ke Layers lalu tarik Color Fill 1 ke bawah Layer 1.


Maka hasilnya akan seperti yang terlihat pada gambar di bawah.


Sekarang tinggal menyimpan hasil foto yang telah kita ganti latarnya, klik menu File arahkan kursor ke Export lalu pilih Export As atau dapat menggunakan Shortcut Alt+Shift+Ctrl+W.


Jendela Export As akan terbuka lalu silahkan atur Format dan Kualitas foto pada bagian File Settings, jika sudah selesai klik Export All...


Terakhir tinggal kalian tentukan folder dimana kalian ingin menyimpan foto lalu ganti Nama File dan klik Save.


Oke.. Sekian dulu tutorial cara mengganti background foto dengan mudah menggunakan Photoshop kali ini.

Jika ada pertanyaan dan saran silahkan ketikkan di kolom komentar atau dengan menekan tombol WhatsApp pada bagian kiri bawah blog ini.

Salam Tutorial Kita
Previous Post
Next Post

0 comments: