Rabu, 09 September 2020

Cara Mudah Membuat Kontur Dengan Global Mapper

Halo.. Sobat tutorial kita!

Pada artikel kali ini kita akan membahas cara mudah generate atau membuat garis kontur menggunakan software Global Mapper. Oke, jadi langsung saja kita eksekusi tahapan-tahapannya.

Pertama setelah software Global Mapper terbuka, pilih pada Open Data Files.

Cari folder tempat kalian menyimpan data DEM (Digital Elevation Model) kemudian pilih file yang berekstensi _dem lalu klik Open.

Jika belum memiliki data DEM, kalian bisa baca artikel ini : Cara Download Data DEM (Digital Elevation Model) Menggunakan Global Mapper.

Selanjutnya zoom lokasi yang akan kalian buat konturnya menggunakan Tools Zoom.

Buat batas lokasi berbentuk persegi menggunakan Tools Create Rectangle/Square Area Feature, klik satu kali pada sudut kiri atas lokasi kemudian drag hingga mencapai sudut kanan bawah lokasi lalu lepaskan drag mouse.

Secara otomatis tampil jendela Modify Feature Info, kemudian atur nama sesuai yang kalian inginkan lalu klik OK.

Oke.. Batas lokasi telah tampil pada Control Center dan pada layar utama.

Selanjutnya seleksi polygon Batas Lokasi menggunakan Digitizer Tool kemudian drag dari sudut kiri atas lokasi dan tarik hingga sudut kanan bawah lalu lepaskan drag mouse.

Setelah batas lokasi terseleksi lalu pilih Create Contours.

Secara otomatis jendela Contour Generation Options akan tampil kemudian pilih menu Contour Options (1). Silahkan atur Description, Contour Interval (2) sesuai kebutuhan kalian, Contour Interval Multiplier (3), pada Generate Contours Within Following Range Of Elevations kalian bisa mengaturnya - atau sama dengan dibawah permukaan laut0 atau sama dengan permukaan laut, >1 atau sama dengan diatas permukaan laut. Jangan klik OK dulu.

Sekarang pindah ke menu Contour Bound, pilih Crop to Selected Area Feature (jika tetap pada pilihan All Loaded Data maka seluruh area data DEM akan tergenerate konturnya). Jika sudah selesai tekan OK.

Kontur yang barusan kita buat telah tampil pada Control Center dan pada layar utama.

Langkah selanjutnya adalah kita simpan file kontur tersebut.

Caranya pilih menu File, klik Export lalu pilih Export Vector/Lidar Format...

Kemudian tentukan format file kontur, kalian bisa atur sesuai kebutuhan. Pada artikel ini kami menggunakan format Shapefile untuk kebutuhan pengolahan data ArcGIS. Setelah menentukan format lalu klik OK.

Setelah jendela Shapefile Export Options terbuka pada bagian Export Lines klik Select File (karena kontur yang telah kita generate tadi merupakan data line maka dari itu kita memilih Export Lines).

Tentukan folder penyimpanan, kemudian atur nama file lalu klik Save.

Berikut contoh tampilan ketika kita telah menentukan folder dan mengatur nama file.

Terakhir yaitu pada menu Export Bounds pilih Crop to Selected Area Feature dan klik OK.

Silahkan cek hasil eksport pada folder penyimpanan yang kita tentukan tadi dan Kontur siap diolah.

Oke.. Sekian dulu tutorial cara mudah membuat kontur dengan Global Mapper kali ini.

Jika ada pertanyaan dan saran silahkan ketikkan di kolom komentar atau dengan menekan tombol WhatsApp pada bagian kiri bawah blog ini.

Salam Tutorial Kita

Previous Post
Next Post

0 comments: